Rabu, 10 Oktober 2012

Soft Kill Gunadarma : Ilmu Budaya Dasar


TUGAS 1

Etika Memposting di Internet

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet adalah salah satu media yang termudah, tercepat dan termurah untuk memberikan atau mendapatkan sebuah informasi. Selain itu, dengan internet kita juga bisa berinteraksi dengan berbagai orang yang ada di seluruh dunia dengan mudah, tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain diberbagai negara.  Namun selain itu, kita sebagai pengguna internet harus mengetahui dan memahami etika berinternet. Sama dengan dunia nyata, dunia maya pun mempunyai etika.
[ Internet Sehat ] Etika yang berlaku di internet, dikenal sebagai netiket (internet etiquette), kini semakin sering diabaikan. Pengguna internet bertambah secara sporadic, instan, tanpa melalui suatu pengantar bagaimana beretika di dunia maya. Netiket ini juga dapat menghindarkan kita dari masalah yang bisa muncul gara-gara kita salah gaul di dunia maya.

Berikut ini etika kita ketika ingin memposting di internet :
1.     Dilarang Menghina Agama 
Diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama Nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.

2.     Ejaan Yang Benar
Komunikasi kita di internet mayoritas adalah komunikasi tertulis. Maka usahakan jangan banyak typo alias salah ketik atau salah ejaan, agar user lain mudah menangkap maksud kita.

3.     Hindari Capslock
Capslock atau huruf kapital untuk mengetik semua huruf sangat tidak nyaman dibaca, dan itu menyimbolkan bahwa kita sedang marah. Maka hindarilah.

4.      Jangan Mengirim E-mail Tengah Malam
Hormatilah user lain, sebab mengirim email itu sama dengan menelepon. Tentu kamu tidak akan suka bila tengah malam diganggu dering telepon atau notifikasi tanda email masuk, kesannya tidak menghormati privasi orang lain. 

5.     Janganlah Memulai Masalah
Jangan memulai masalah dengan memosting ancaman, memulai perdebatan yang memancing emosi, memosting informasi kontroversial yang hanya akan membuat user lain kesal, marah, bahkan memperkarakannya secara hukum.
                                                                                             

6.      Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika dikemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.

7.     Jangan Mengirim Spam
Spam ini iklan secara terus menerus, memposting link, atau bahkan mengirim viru, serta data tidak penting lain.. Karena bisa di-banned atau “report as spam”.

8.     Jadilah Dirimu Sendiri
Tidak perlu memalsukan identitas dengan mengaku sebagai orang lain. Ini akan merugikan dirimu sendiri. Jadilah dirimu sendiri, tanpa perlu membuka semua informasi pribadimu.

9.     Konservatiflah
Saat mengirim e-mail, lebih baik kita tetap bersikap formal dan konservatif.

10.  Bersikap Bijak
Cobalah untuk bersikap sebijak mungkin, dalam mengunggah profil dirim berbagi informasi, dan bersikap kepada sesame user internet. Pahami apa yang kira-kira layak atau tidak. Jangan terburu emosi saat kita memosting sesuatu. Tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan apa yang layak di-share atau tidak.

Kesimpulannya : Sebelum kita memposting di internet kita harus memahami etika-etika yang ada. Karena, dengan etika kita bisa mengerti bagaimana cara menghormati sesama pengguna internet yang lain, saling menghargai, dan saling berbagi melalui internet.

Networketiquette.net

TUGAS 2

1.Jelaskan hakikat Ilmu Budaya Dasar!

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.Istilah IBD ( Ilmu Budaya dasar ) dikembangkan pertama kali di Indoenesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm itu sendiri berasal dari istilah Bahasa Inggris”The Himanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari The Humanities diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

2.Tujuan Ilmu Budaya Dasar serta ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar!

Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan wawasan pemikiran kita khususnya kebudayaan, agar daya tangkap kita dalam berpikir, beranggapan, dan penalaran kita mengenai lingkungan budaya dapat menjadi lebih baik, yaitu dengan cara memperluas wawasan pemikiran terhadap nilai-nilai budaya, Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar mencakup ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya, baik dari pengetahuan budaya, maupun secara gabungan, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

3. Jelaskan perbedaan antara pengetahuan budaya dan ilmu budaya dasar!
 
Pengetahuan budaya yaitu memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi, pengetahuan yang meliputi sistem ide, cara pandang kita tentang budaya dasar. Sedangkan ilmu budaya dasar yaitu memberikan pengetahuan dasar  dan pengertian tentang kajian-kajian masalah manusia dan kebudayaan, seperti bahasa, kesenian, adat.

4. Apa yang dimaksud dengan masalah sosial ?

Masalah sosial adalah suatu keadaan yang tidak sesuai antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang berdampak kepada kehidupan suatu anggota masyarakat.Dimana suatu masalah itu dianggap kurang sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma sosial dalam suatu komunitas. Munculnya suatu masalah sosial itu tergantung dari komunitas itu sendiri.

5. Apa yang menjadi kajian Ilmu Budaya Dasar ?

Kajian ilmu budaya dasar mencakup ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya. Bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian.Manusia tidak  hanya sebagai objek pengkajian, tetapi juga sebagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri, nila-nilai manusia dan bagaimana juga hubungan manusia dengan Sang Pencipta menjadi tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar